Gelar Konferensi Pers, PT PELNI Ungkap Kesiapan ANgkutan Lebaran 1444 H
Sebagai perusahaan jasa transportasi publik, PT PELNI (Persero) memiliki kewajiban untuk menginformasikan kesiapan Perusahaan dalam melayani Angkutan Lebaran setiap tahunnya. Untuk Angkutan Lebaran 1444 H tahun 2023 ini, Manajemen PT PELNI mengundang kurang lebih 30 perwakiln media massa cetak, online dan televisi dalam Konferensi Pers Angkutan Lebaran 1444 H/2023 di Jakarta, Senin (27/3).
Jumpa pers tersebut langsung menghadirkan Direktur Utama PT PELNI Tri Andayani yang didampingi Direktur Usaha Angkutan Penumpang Yahya Kuncoro dan Direktur Armada dan Teknik Robert MP Sinaga.
Dalam pertemuan yang sekaligus menjadi ajang silaturahmi dan buka puasa bersama tersebut, Anda, sapaan akrab Direktur Utama PT PELNI, beliau menyampaikan bahwa Perusahaan memprediksi jumlah penumpang akan mencapai 604.183 selama masa angkutan lebaran 1444 H Tahun 2023. Jumlah tersebut naik sebesar 125% dibandingkan realisasi jumlah penumpang pada periode yang sama yaitu pada H-15 hingga H+15 lebaran.
Direktur Utama PT PELNI Tri Andayani merinci, sebanyak 604.183 penumpang terdiri dari 511.705 pemudik menggunakan kapal penumpang dan 92.478 pemudik dengan kapal perintis. Adapun operasi angkutan lebaran kapal PELNI dimulai sejak H-15 atau pada 7 April 2023 dan berakhir pada H+15 atau pada 8 Mei 2023. “Seluruh armada PELNI telah siap untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia dalam periode mudik lebaran 2023 ini,” ujar Anda.
Yahya Kuncoro juga menambahkan, puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada tanggal 17 April atau H-5 dengan prediksi jumlah penumpang sebanyak 27.302 dan perkiraan arus balik pada 29 April atau H+6 dengan prediksi jumlah penumpang sebanyak 25.623. PELNI sendiri telah menyiapkan sebanyak 26 armada kapal penumpang dan 42 kapal perintis yang siap melayani angkutan lebaran 1444 H. Disamping itu, manajemen PELNI juga menyiapkan 48.539 seat yang terdiri sebanyak 32.447 Seat terpasang pada kapal penumpang dan 16.092 seat pada kapal perintis.
Pada arus mudik tahun ini, PT PELNI telah memprediksi beberapa pelabuhan keberangkatan padat penumpang meliputi Makassar, Surabaya, Balikpapan, Ambon dan Bau-Bau. Sedangkan untuk pelabuhan kedatangan padat penumpang meliputi Surabaya, Makassar, Bau-Bau, Ambon dan Belawan.. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, PT PELNI juga telah mengajukan izin untuk penyesuaian rute dan jadwal kapal kepada Kementerian perhubungan selaku regulator.
“Kami juga ingin mengingatkan kepada calon pelanggan kami untuk memanfaatkan aplikasi PELNI Mobile untuk membeli tiket jauh-jauh hari dan melaporkan apabila melihat dan mengalami tindakan percaloan, agar segera kami tindak tegas,” kata Yahya.
Sementara itu, Robert MP Sinaga menginformasikan bahwa guna menyiapkan layanan yang maksimal, PT PELNI mempersiapkan kesiapan armada melakukan perawatan tahunan pada enam armadanya sebelum masa peak season, diantaranya KM Lambelu, KM Leuser, KM Sinabung, KM Bukit Siguntang, KM Awu dan KM Nggapulu. PT PELNI juga memastikan alat keselamatan di atas kapal penumpang dan perintis dalam kondisi aman. Alat keselamatan tersebut meliputi 350 sekoci, 2.291 life raft, 88.709 life jacket, dan 1.083 life buoy.
Sementara untuk ketentuan perjalanan dengan kapal PELNI, calon penumpang yang telah melakukan vaksin dosis kedua dan vaksin dosis ketiga (booster) tidak perlu lagi menunjukan syarat perjalanan berupa antigen maupun PCR. Untuk penumpang di wilayah 3TP juga tidak perlu menunjukkan syarat perjalanan berupa antigen maupun PCR. PT PELNI memghimbau seluruh calon penumpang kapal PELNI untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 3M, menggunakan masker selama pelayaran berlangsung, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta rajin mencuci tangan.
Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan kapal PELNI dapat mengakses akun media sosial PELNI @Pelni162 atau website resmi Perusahaan www.pelni.co.id. Pelanggan dapat menghubungi Call Center PELNI 162 atau melalui layanan WhatssApp di nomor 0811-162-1-162. Call center PELNI siap melayani kebutuhan seluruh pengguna jasa kapal PELNI dan dapat dihubungi 24 jam. ***TTO